Hidup Bersama Orang Lain

Posted by Kongkow edu On Friday, January 01, 2010 2 komentar
Engkau tidak bisa tidak perduli pada orang lain. Mereka mengelilingmu setiap saat dan dimana saja. Mereka adalah kebahagianmu bahkan hidupmu sendiri. putus dan lepas dari mereka berarti mengembara dalam alam kesepian yang menakutkan. Dunia terlalu luas untuk dirimu sendiri. Kau butuh insan lain untuk hidup bersama-sama. Hidupmu perlu kau bangun sebagai jembatan menuju orang-orang lain.

Hidup bersama orang lain adalah suatu kenyataan mutlak yang tak bisa dibantah dalam jaman modern ini. Sukses hidup kita secara keseluruhan amat banyak dipengaruhi dan ditentukan oleh sukses kita dalam bergaul dengan orang lain. Mau tidak mau, senang maupun enggan, orang-orang lain akan mengelilingi kita kapan dan dimana saja.
Dari sekian ratus kebutuhan-kebutuhan manusia modern, berkembanglah sejenis kebutuhan hidup yang semakin memutlakan diri, yaitu: teman, kontak sosial, penghargaan dari orang lain. Dan sebaliknya dari penyakit-penyakit yang merajalela dalam kehidupan modern, muncul kesepian sebagai momok yang merongrong menakutkan.
jaman dahulu, kesendirian sering pula dipuja sebagai cara hidup yang baik. Sekarang tidak lagi dan sebaiknya tidak. Memang manusia modern kadang-kadang butuh kesendirian, tapi untuk merenung, menilai hubungannya dengan sesamanya, sehingga ia selalu bisa merumuskan apa yang lebih baik yang bisa dilakukannya untuk orang lain.
Hal yang akan membahagiakan kehidupan kita adalah bisa bergaul dengan nyaman dan berhasil, maka diperlukan pengetahuan dan kecakapan yang kadang-kadang menjadi semacam seni ('seni bergaul'). 'Seni bergaul' bisa berkembang melalui pengalaman-pengalaman yang menghasilkan tehnik-tehnik dahsyat dalam bergaul. Tapi tehnik-tehnik tersebut hanya melapis permukaan dan bahkan bisa menyesatkan, kalau dalam sanubari kita tidak ditumbuhkan jiwa kecendrungan untuk menyayangi orang lain. Itulah yang terpokok. kecondongan jiwa biasanya diwujudkan secara baik oleh tingkah lahir kita.
kalau anda bisa menghayati semangat menyayangi dan berusaha keras merealisasikan dalam kehidupan, maka percayalah bahwa anda berada di barisan paling depan dari kemajuan peradaban manusia. Demikian itu merupakan tujuan manusia; pendekatan yang hangat, saling pengertian, uluran tangan yang aktif, persaudaraan, persatuan erat meski keadaan berbeda-beda antara individu-individu, kelompok-kelompok dan bangsa-bangsa.
Mari bersama-sama bergandengan tangan, kita menyusuri jalan yang dikehendaki Oleh sang Pencipta,

2 komentar:

@rsy said...

HumaNisme bgt sich Zie... :X
Jgn horiZontal z yua...vertikal jgn lupa ^_^'

Kongkow Edu said...

sbuah ekspresi bagaimana memanusiakan manusia........
klo ekspresi vertikalnya nih baca artikel yang lainnya meleburkan sikap mental ekslusif...

Post a Comment